Minggu, 07 Desember 2008

Kritik Lagu Anak "Bangun Tidur"

Lagu merupakan alat yang mampu mencairkan suasana pikiran manusia. Lagu mampu memberi aliran positif di otak manusia. Lagu pun mampu mempengaruhi cara berpikir manusia. Tentu saja dengan cara penyampaian dan lirik lagu tertentu.
Tak ketinggalan juga, lagu-lagu yang mungkin sering kita nyanyikan sewaktu kecil dulu ternyata mampu mempengaruhi sebagian besar msyarakat kita. Lirik-lirik lagu tersebut biasanya berisi ajakan atau himbauan kepada anak-anak di waktu itu untuk melakukan apa yang disebut dalam lagu tadi. Dan ternyata, karena intensitas lagu tadi dinyanyikan secara terus menerus, efeknya pun terbawa sampai saat orang tersebut dewasa.
Salah satu contoh lagu anak-anak adalah lagu yang berjudul “bangun tidur”. Dalam lagu tersebut terdapat lirik yang berbunyi :
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku tolong ibu
Membersihkan tempat tidurku
Dalam lirik lagu diatas, terasa ada yang kurang pas. Seperti kita ketahui bersama, tingkat kesehatan di Indonesia masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu untuk melakukan olahraga pagi. Olahraga di pagi hari sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh manusia. Senam atau jogging kecil selama sepuluh menit berfungsi untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.
Namun, banyak masyarakat yang mengabaikan hal ini. Banyak dari mereka yang lebih mementingkan pekerjaan di kantor tanpa memperhatikan kesehatan mereka. Padahal, olahraga pagi sendiri tidak banyak menyita waktu mereka. Diabaikannya hal ini juga disebabkan oleh lagu yang sering mereka dengar dan nyanyikan di waktu kecil, terutama lagu “bangun tidur”. Dalam benak mereka sudah tertanam pola bahwa sehabis bangun tidur, mereka harus segera mandi untuk siap-siap melakukan aktivitas. Mungkin baiknya lagu tersebut diperbaiki dengan menambahkan ajakan untuk olahraga sebangun dari tidurnya di pagi hari.

Tidak ada komentar: